Riset

Apa Sih Jenis Endorser Dan Nama Merk Yang Disukai Oleh Konsumen ? (Bagian 1)

risetprofudin
Spread the love

Strategi pemasaran global harus dilakukan oleh perusahaan untuk menembus pasar global. Agar dapat menciptakan kesadaran merek yang kuat, positif, dan konsisten di pasar global, maka dibutuhkan iklan yang mengglobal.

Endorser global dipercaya dapat mengatasi penghalang batas nasional dan budaya dalam komunikasi pemasaran global. Merek merupakan hal yang juga sangat penting, pemberian nama merk pada suatu produk dapat memberikan kesan, konsumen memandang merk sebagai bagian penting dari produk, apalagi dengan diberikannya sentuhan berbahasa asing, konsumen dapat tertarik pada produk tersebut karena penggunaan brand dengan nama asing dapat meningkatkan image terhadap produk yang ditawarkan.

Kombinasi antara kredibilitas endorser dan kredibilitas merk sangat berdampak pada perilaku konsumen, hal tersebut tidak bisa dipisahkan, model tersebut dikenal dengan istilah Dual Credibility Model (DCM). Kedua hal tersebut sangat penting dan memiliki pengaruh yang besar terhadap sikap dan niat beli konsumen. Selain daripada itu, involvment dapat membedakan pengaruh endorser dan brand name terhadap sikpa konsumen.

Dalam penelitian ini, iklan yang digunakan terdiri dari endorser, baik foreign dan domestic dan brand name, baik foreign dan domestic. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh jenis Endorser dan Brand Name terhadap sikap dan niat beli konsumen terhadap produk tablet pc dan pasta gigi. Dengan menganalisis kriteria untuk dievaluasi dari jenis Endorser yaitu foreign endorser dan domestic endorser, serta melalui Brand Name yaitu foreign brand name dan domestic brand name.

Untuk mengevaluasi sikap atas iklan, sikap atas merek dan niat beli. Penelitian ini menggunakan pendekatan MANOVA untuk mengukur pengaruh jenis endorser terhadap sikap dan niat beli, pengaruh brand name terhadap sikap dan niat beli, pengaruh involvement dalam memoderasi endorser dan brand name terhadap sikap dan niat beli.

risetprofudin

Dari hasil pengolahan dan analisa data, dapat disimpulkan bahwa iklan menggunakan foreign endorser dan foreign brand name adalah saran terbaik bagi pemasar untuk digunakan dalam periklanan, baik untuk barang yang high maupun low involvement

Selanjutnya  Jenis Endorser Dan Nama Merk Yang Disukai Oleh Konsumen (Bagian 2-Endorser)

ARTIKEL LENGKAP DAPAT DILIHAT DISINI (KLIK TULISAN INI)

Comment here