Peluang Usaha

Bisnis Sampingan Mahasiswa

Bisnis sampingan mahasiswa
Spread the love

Sebagai mahasiswa, saat ini tidak cukup jika hanya dengan berkuliah saja dan mengandalkan uang dari orang tua. Tetapi kini, mahasiswa harus bisa hidup mandiri dan mempersiapkan bekal menuju dunia pekerjaan. Hal tersebut harus dilakukan oleh mahasiswa karena memiliki waktu luang, disamping sibuknya jadwal perkuliahan, mereka dapat mengisi waktu luang tersebut dengan kegiatan yang positif dan dapat menghasilkan uang, antara lain membuka bisnis sampingan baik secara online maupun offline. Saat ini banyak pilihan ide bisnis sebagai pemula yang dapat dijalankan oleh mahasiswa sesuai dengan minat, keterampilan, dan juga bakat dari mahasiswa itu sendiri.

5 Peluang Usaha Menguntungkan di Bulan Ramadhan 2021

Agar bisnis sampingan dapat berjalan, mahasiswa harus pintar dalam mencari peluang usaha. Terdapat beberapa contoh peluang bisnis sampingan mahasiswa yang dapat dilakukan, antara lain :

Bisnis sampingan mahasiswa yang dapat dilakukan adalah bisnis thrifting. Bisnis Thrifting online sudah banyak bermunculan di social media dan sangat diminati oleh kalangan muda karena dengan harga terjangkau banyak dari mereka yang dapat memenuhi kebutuhan fashion mereka tanpa takut merogoh dompet mereka. Bisnis ini dapat menjadi peluang bisnis sampingan mahasiswa karena hanya dengan menggunakan modal yang sangat minim dapat memperoleh keuntungan yang besar. Barang thrifting tersebut didapat dari barang import yang tidak lolos saat penyortingan atau barang reject dari pabrik yang masih memiliki kualitas baik, jadi umumnya barang yang diperjual belikan bukan hanya barang biasa melainkan barang import tetapi bermerk. Barang yang dijual dalam bisnis ini  tidak hanya pakaian saja, melainkan sepatu, jam tangan, dan aksesoris fashion lainnya. Mahasiswa yang ingin membuka bisnis ini dapat memulainya dengan mencari tempat penjualan barang tersebut di pasar atau di online store dengan mempertimbangkan harga dan model barang, kemudian setelah barang sampai ditangan kita yang harus kita lakukan adalah mengecek barang mulai dari kebersihan dan kualitas barang tersebut sehingga dapat dikemas layaknya barang baru yang mempunyai nilai jual tinggi.

Sumber : Freepik

Bisnis sampingan mahasiswa kedua yang dapat dilakukan adalah bisnis pulsa elektrik. Saat ini banyak kita ketahui bahwa banyak orang berkomunikasi dengan menggunakan handphone, tetapi apabila handphone tersebut tidak memiliki pulsa atau paket data maka orang-orang tidak bisa melakukan tukar pesan atau panggilan. Hal tersebut dapat menjadikan bisnis pulsa elektrik menjadi suatu bisnis relevan yang dapat digeluti oleh mahasiswa. Meskipun terkesan sepele, namun bisinis ini dapat meraih keuntungan yang besar. Bisnis ini tidak membutuhkan modal besar untuk memulainya, hanya dengan menggunakan handphone yang dapat aktif saja agar dapat menjalankan bisnis tersebut. Yang harus diperhatikan dalam melakukan bisnis ini yakni kita harus memilih distributor yang berkualitas dan terpercaya, selain itu kita harus menentukankan harga jual yang didasarkan pada harga di pasaran dan keuntungan yang akan kita dapat.

Bisnis sampingan mahasiswa ketiga yang dapat dilakukan adalah bisnis jasa digital printing. Usaha ini tergolong menguntungkan mengingat banyak sekali konsumen yang membutuhkannya mulai dari siswa sekolah dasar hingga orang yang sudah bekerja sekalipun. Hal yang harus kita perhatikan sebelum memulai usaha digital printing yakni kita harus mempunyai mesin printing yang tepat dengan kecepatan cetak dan resolusi cetak yang bagus dan berkualitas.  Selain itu, kita juga harus memperhatikan tinta yang sesuai dengan mesin printing yang kita gunakan. Serta kita harus memilih bahan atau media yang bagus dan berkualitas dengan harga yang terjangkau pula agar mendapatkan hasil yang memuaskan. Sehingga banyak konsumen yang mau kembali lagi setelah menggunakan jasa dari kita. Jika ingin lebih menguntungkan pun kita dapat menggandeng seseorang yang memiliki keahlian mendesain untuk menjadi patner dalam memulai bisnis.

Bisnis sampingan mahasiswa keempat yang dapat dilakukan adalah bisnis dropship atau dropshipping. Secara sederhana bisnis dropship ini hampir mirip dengan bisnis reseller, akan tetapi pihak dropshipper tidak melakukan kegiatan menyetok barang dan juga tidak melakukan kegiatan pengiriman barang. Pihak dropshipper hanya memajang atau mempromosikan penjualannya keberbagai media online dengan harga yang sedikit berbeda dari harga asli yang diberikan supplier, kemudian dropshipper meneruskan pesanannya kepada suppliernya saja. Dengan adanya bisnis dropship ini mahasiswa dengan mudah menjalankan bisnis tersebut dan dapat memperoleh banyak keuntungan serta tidak menyita banyak waktu, disamping itu juga modal yang dibutuhkan sangatlah kecil. Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika menjadi dropshipper yakni harus bekerja sama dengan supplier yang tepat dan juga harus menentukan kualitas produk serta harga produk.

Bisnis sampingan mahasiswa kelima yang dapat dilakukan adalah memulai bisnis kedai minuman franchise. Saat ini banyak sekali orang mulai dari remaja hingga orang dewasa yang mencari minuman kekinian seperti kopi-kopian, thai tea, ataupun boba drink.  Apalagi semenjak adanya ojek online, semakin mudah diakses penjualan minuman kekinian tersebut. Sehingga bisnis kedai minuman franchise banyak digeluti oleh pelaku bisnis. Dengan modal yang bervariasi, kita dapat membeli franchise yang sudah terkenal dan menjalankannya sebagai bisnis.  Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam franchise minuman yakni melihat target pasar dari pemilik frenchise tersebut, selain itu kita juga harus memperhatikan kelengkapan fasilitas yang ditawarkan dari pemilik frenchise tersebut, serta harga dan keuntungan yang kita dapat dalam membuka franchise tersebut.

Peluang Usaha Terbaik Ramadan 2021 Untuk Mahasiswa

Bisnis sampingan mahasiswa diatas dapat digunakan sebagai pengalaman oleh mahasiswa untuk melanjutkan kehidupan didalam dunia pekerjaan. Saat kita akan menjalankan bisnis sampingan tersebut hendaknya kita memperhatikan hal-hal yang perlu disiapkan agar dapat tertata dan terencana. Selain itu, jika perlu kita mencari patner untuk menjalankan bisnis kita agar tidak terlalu beban dalam mengerjakannya. Para mahasiswa diharap dapat memunculkan ide-ide bisnisnya lainnya karena semakin terbuka lebar era digital dapat mempermudah mahasiswa dalam menjalankan bisnis yang akan dilakukannya. Mereka juga diharap membuka bisnis agar dapat memperoleh keuntungan. Sehingga mereka bisa memenuhi tuntutan kebutuhan mereka secara mandiri.

 

Author : ALIFIYA MADE PUTRI SALSABILA

Comment here