Marketing Update

BTS Meal McD : Kekuatan Sebuah Komunitas

BTS Meal McD
Spread the love

BTS Meal McD : Kekuatan Sebuah Komunitas. Baru baru ini tengah ramai peluncuran menu baru di McDonal’s (McD) yang berkolaborasi dengan boyband asal negeri ginseng (Korea) yakni BTS atau Bangtan Boys. Tepat pada tanggal 9 Juni 2021 di jagat maya dikejutkan dengan viralnya BTS Meal McD. Para penggemar K-Pop di Indonesia tidak ingin melewatkan hal ini, dengan memanfaatkan jasa pesan makanan online hingga membuat kerumunan di sejumlah gerai McD. Dalam satu paket yang berisi kentang goreng ukuran medium, nugget, dan satu minuman cola. Namun, yang membuat menu ini beda dari yang lain adalah dua saus special kegemaran anggota boyband BTS tersebut. Kemasannya juga didesain dengan logo BTS dengan warna ungu yang identik dengan BTS. Pakar marketing Yuswohady menyebutkan bahwa BTS Meal McD adalah The Power of Fans Marketing. Penggunaan public figure untuk mendongkrak sebuah produk menjadi ide McD memasarkan terutama di era pandemik seperti saat ini.

Anda Juga Bisa Membaca : Apa Sih MARKETING 5.0 Itu ?

BTS Meal McD
sumber : economy.okezone.com

McDonal’s merupakan peruasahaan makanan cepat saji di Amerika yang didirikan pada tahun 1940. Karena keberhasilannya, McD sangat berdampak bagi dunia yang luar biasa terutama di Indonesia. Kekuatan McD terletak pada manajemennya, mulai dari marketing, sumber daya manusia, dan financialnya. The Power of Fans Marketing istilah yang cocok digunakan untuk kondisi ini. McD selalu memiliki trik untuk menarik konsumennya. Dalam hal ini ia memanfaatkan boyband ternama untuk meluncurkan varian menu baru. Mempunyai fans yang banyak membuat McD tertarik untuk bekerja sama dengan boyband ini. Fans adalah orang-orang yang akan menikmati produk atau layanan kita. Penting untuk seorang pemasar untuk melahirkan fans fanatik agar menikmati produknya. Strategi McD yang digunakan untuk produk barunya BTS Meal McD adalah marketing horizontal. Marketing bergerak dari vertikal ke horizontal menggunakan kekuatan masa atau customers, konsumen dapat memanfaatkan sosial media sebagai alat bantu mereka. Co branding antara BTS dengan McD menjadi peluang besar karena fans BTS yang berjumlah banyak secara masif memasarkan produknya. Hal ini merupakan fenomena marketing 4.0, marketing ini terfokus pada konsumen. Kerumunan para konsumen dijadikan sebuah kekuatan. Energi marketing yang luar biasa digunakan McD untuk mengembangkan produk tersebut. Energi marketing yang dihasilkan ini dari fans, friends, dan followers untuk kampanye di sosial media. Fans merupakan asset perusahaan yang dapat menghadirkan konsumen baru, dan menjadi kunci dari berkembangnya suatu bisnis.

Anda Juga Bisa Membaca : Gap Generasi Dan Strategi Pemasaran Dalam Menghadapinya

Fans BTS menjadi tujuan pemasaran McD pada hal ini. McD memahami suasana psikologis fans BTS untuk memasarkan dan melakukan brand building. Brand building ialah proses menimbulkan atau kesadaran sebuah produk atau jasa sebuah perusahaan. Tujuan dari brand building sendiri adalah untuk mendekatkan konsumen atau pelanggan dengan produk kita. Selain itu, brand building juga berfungsi untuk menjelaskan nilai yang ditawarkan kepada konsumen agar memahami produk kita dengan baik

Fokus branding adalah berapa jumlah merek yang dipikirkan oleh manusia. Setiap manusia mempunyai kemampuan mengingat tujuh merek dari satu kategori. Keberhasilan McDonals memasarkan produk ini membuat masyarakat kagum dan bertanya-tanya tentang strategi apa yang dilakukannya. Dengan melakukan kekuatan fans atau ‘The Power of Fans Marketing’, karena bagi setiap perusahaan kehadiran fans sangat penting untuk membangun sebuah brand atau produk kita.

Untuk melahirkan fans ada bebrapa upaya yang dilakukan untuk memasarkan merek. Pertama Kenalkan merek perusahaan secara singkat dan nilai-nilai apa saja yang akan ditawarakan. Kedua membuat merek (brand) diminati oleh para konsumen. Dengan fans kita mampu meningkatkan keterlibatan dengan konsumen baru. Selain itu, Ketiga melakukan pendekatan kepada fans juga penting agar produk kita semakin dikenal masyarakat luas. Keempat adalah memperhatikan fans, hal ini menjadi cara yang ampuh untuh mempromosikan merek. Kelima Tidak hanya mengandalkan fans saja, membuat merek yang inovatif juga penting agar para fans tertarik mencoba produk atau jasa yang kita tawarkan.

The power of media sosial juga menjadi sebuah alat yang mampu mendongkrak bisnis yang kita jalankan. McD memanfaatkan media sosial untuk memasarkan produk baru ini, trik yang dilakukannya adalah tormenting the customer, yakni menyiksa konsumen dengan cara membatasi ketersediannya. Hal ini bertujuan untuk agar masyarakat terutama para army (sebutan fans BTS) penasaran dengan produk yang dikeluarkannya. Pada jam 11 WIB, McD meluncurkan menu varian baru ‘BTS Meal’ ini. Antrian yang begitu banyak hingga menyerbu habis produk baru tersebut.

Salah satu kekuatan sebuah komunitas adalah rasa empati, penggemar boy group asal Korea Selatan BTS (Bangtan Boys) dilaporkan situs wowkeren.com menggalang donasi untuk para driver ojek online. Penggalangan dana ini diluncurkan menyusul rilisnya kombo spesial BTS Meal di McDonald’s. Diketahui, banyak driver ojol yang mengantre berjam- jam karena BTS Meal hanya bisa dipesan melalui aplikasi online dan drive-thru. Selain sebagai bentuk ucapan terima kasih atas perjuangan para driver ojol, donasi ini juga dilakukan dalam rangka merayakan ulang tahun BTS pada 13 Juni. Penggalangan dana fans BTS atas nama ARMY Indonesia di situs kitabisa.com telah mencapai lebih dari Rp 225 juta.

 

Comment here