Motivasi Hari Ini

Empat Tangga Kemapanan Financial

Spread the love

Terdapat empat tangga kemapanan financial, Keempat tangga ini lebih pada tahapan tahapan yang bisa Anda raih sesuai impian, anda yakni: 1. Rawan, 2. Aman, 3. Nyaman, dan 4. Mapan. Jangan kaget, tidak ada batasan angka tertentu disana. Besaran nilai Anda yang tentukan sendiri, tergan tung keputusan Anda sekeluarga. Sebab setiap orang berbeda. Tidak selalu angka kekayaan yang sama menimbulkan tingkat kebahagiaan yang sama pula. Apakah setiap orang harus mencapai tahap Mapan? Tergantung apa sesungguhnya impian yang ingin Anda wujudkan. Di sinilah terletak pilihan, karena Aman, Nyaman, dan Mapan tidak menentukan kemuliaan sebagai manusia, melainkan lebih sebagai sarana agar Anda semakin leluasa untuk menjadi manusia seutuhnya. Mari kita simak satu per satu, setiap gambaran Tangga Mapan Finansial. Lalu perhitungkan dan perhatikan, di mana Anda sekarang berada? Dan mau naik hingga ke tangga yang mana Anda sekeluarga?

1. RAWAN

Tangga pertama danri empat tangga kemapanan financial adalah RAWAN, Anda masih di tangga Rawan jika seluruh kebutuhan dasar Anda masih harus dibiayai dari pendapatan aktif, entah dari gaji atau bisnis. Artinya, jika Anda tidak bekerja maka Anda tidak bisa memenuhi kebutuhan hidup ke luarga yang paling mendasar. Berapa pun tingkat pendapatan Anda saat ini. Bayangkan, jika sewaktu-waktu terjadi sesuatu pada diri Anda, dari mana keluarga Anda mencukupi kebutuhan hidup mereka. Bagaimana Anda bisa menutupi utang utang Anda? Maka sebesar apapun pendapatan Anda. selama kebutuhan dasar saja belum bisa dipenuhi dari pendapatan pasif, kemapanan Anda hanya fatamorgana. Semu, Sewaktu- waktu bisa hilang tak berbekas Dan ketika hal itu terjadi, tak jarang yang terkena shock dahsyat karena tidak terduga. Kondisi inilah yang menimpa banyak pen siunan dari kalangan manajer dan direksi perusahaan. Semula bergaji puluhan bahkan ratusan juta per bulan, belum lagi bonus setiap tahun, lalu mendadak ketika pensiun semua itu hilang. Padahal gaya hidup sudah terlanjur tinggi dan sulit untuk turun lagi. Maka jadilah hidup yang MANTAB (MAkan TABungan). Padahal semakin menua, biasanya semakin banyak pula biaya perawatan kesehatan Akhimya hidup harus mengikis dana tabungan untuk gaya hidup hari demi hingga entah kapan. Apa jadinya jika hal seperti ini menimpa Anda?

Rawan Financial
Sumber : Penulis

2. AMAN

Tangga kedua dari empat tangga kemapanan financial adalah AMAN, Apa artinya rasa aman bagi Anda? Aman adalah saat hati Anda tenang, bebas dari kekhawatiran yang berlebihan. Saat merasa aman, kita bisa bekerja secara optimal dengan seluruh potensi yang ada. Yang disebut hati, pada dasarnya adalah otak kita. Jadi yang merasa aman, pada dasarnya otak kita pula. Di otak kita ada bagian otak reptil yang bertugas membantu kita bertahan hidup dengan memberikan memberikan refleks (melawan), flight (kabur), atau freeze fight (membeku) ketika ada bahaya mengancam. Bagian yang membungkus otak reptil, yakni otak mamalia, adalah radar bahaya yang selalu memantau kondisi sekitar. Saat merasa aman, sesungguhnya otak mamalia dan otak reptil Anda mulai santai, sehingga kreativitas dari bagian terluar otak kita, yakni otak korteks, menjadi bekerja lebih optimal. Jadi, supaya Anda bisa berkarya maksimal penting sekali mencapai titik Aman pertama Anda. Lantas bagaimana cara mencapa tangga Aman? Anda mencapai tangga Aman, yaitu ketika Anda sudah memiliki pendapatan pasif yang mampu menutupi minimal kebutuhan dasar. Artinya jika ada apa-apa yang menimpa diri Anda, Anda dan keluarga masih mampu untuk hidup layak dalam batas-batas kewajaran pada umumnya, meskipun investasi dan gaya hidup tidak bisa seperti dulu lagi. Jika Anda sudah mencapai tahap Aman pendapatan aktif Anda dari gaji atau bisnis dapat dialokasikan sepenuhnya untuk investasi dan gaya hidup yang Anda inginkan. Inilah tangga pertama yang perlu di raih terlebih dahulu. Seandainya Anda telah aman secara finansial.

Sumber : Penulis

3. NYAMAN

Tangga ketiga dari empat tangga kemapanan financial adalah NYAMAN. Rasa nyaman yang muncul di anak tangga ini disebabkan kepuasan atas kecukupan materi yang telah Anda nikmati, dan saat yang sama bersemangat karena masih ada peluang untuk menapaki tangga berikutnya. Otak reptil dan mamalia Anda semakin santai, sehingga logika dan kreativitas Anda semakin terbuka untuk meraih peluang berikutnya. Anda dikatakan sudah mencapai jenjang Nyaman apabila pendapatan pasif Anda sudah mampu mencukupi kebutuhan dasar dan investasi Anda. Investasi di sini jug mencakup tabungan untuk pendidika anak di masa depan atau cicilan utan produktif untuk pelipatgandaan aset Anda, Jika Anda masih punya pendapatan dari karier dan bisnis Anda, maka gaji atau laba usaha Anda itu bisa digunakan untuk memenuhi gaya hidup yang Anda ingin nikmati. Bayangkan betapa nikmatnya ketika untuk biaya hidupdan berinvestasi Anda tidak harus membanting tulang bekerja, Maka dengan potensi yang Anda miliki, karier dan bisnis Anda akan didedikasikan untuk aktivitas sosial.

Sumber : Penulis

4. MAPAN

Tangga keepmat dari empat tangga kemapanan financial. Inilah puncak tangga kemapanan finansial. Di tahap ini Anda sudah memiliki pendapatan pasif yang mampu membiayai seluruh kebutuhan dasar, investasi, dan gaya hidup. Berapapun angka dan jumlahnya. Anda bisa Mapan dengan pendapatan Rp 10 juta, namun sebaliknya bisa di tangga Rawan dengan pendapatan Rp 100 juta. Seberapa cepat Anda mencapai tangga Mapan, sangat tergantung pada seberapa mudah Anda merasa cukup atas kebutuhan dasar dan investasi Anda. Semakin Anda mudah merasa cukup, semakin Anda cepat mencapai tangga Mapan. Kuncinya adalah mental berkelimpahan. Ini bisa diraih manakala kita rajin mensyukuri apa yang telah kita miliki, sehingga tidak mudah terpana oleh keinginan yang tiada habis nya.

Solusi Terbaik Mengelola Keuangan Di Masa Pandemi

Maka jika masih punya waktu, untuk apa sisa waktu Anda? Jika masih punya pendapatan aktif, maka untuk apa pendapatan aktif Anda? Jika telah mencapai tangga Mapan di usia yang relatif muda, maka masa muda dan tenaga yang ada akan Anda persembahkan untuk apa? Anda bisa menggunakan untuk aktivitas sosial seperti membangun masjid, sekolah, gereja dan tempat ibadah lain Anda bisa fleksibel menentukan mau berada di tangga Aman, Nyaman, atau Mapan, tergantung selera gaya hidup yang ingin Anda nikmati. Misalnya saja, Anda bisa saja hidup Mapan dengan pendapatan pasif sebesar Rp 20 juta per bulan tanpa pendapatan aktif sama sekali. Anda betul-betul bebas waktu, tidak perlu lagi bekerja untuk mencari nafkah karena seluruh kebutuhan dan gaya hidup Anda sudah terpenuhi. Namun, Anda juga bisa memilih hidup Nyaman dengan pendapatan pasif Rp 10 juta per bulan dan pendapatan aktif Rp 30 juta per bulan. Yang berbeda adalah gaya hidup yang Anda pilih.

Sumber : Income Pentagon – Lyra Puspa

Semakin Anda mudah merasa cukup, semakin Anda cepat mencapai tangga Mapan. Kuncinya adalah mental berkelimpahan. Ini bisa diraih manakala kita rajin mensyukuri apa yang telah kita miliki, sehingga tidak mudah terpana oleh keinginan yang tiada habisnya.

Sumber : Penulis

Semakin terampil Anda mengelola gaya hidup Anda, semakin cepat Anda mencapai tahap Mapan. Sebaliknya, ketika sudah mencapai taraf Mapan, namun Anda ingin meningkatkan gaya hidup, tidak masalah jika Anda memilih turun ke jenjang Nyaman namun dengan gaya hidup yang lebih tinggi. Konsekuensinya, tentu, Anda akan memerlukan pendapatan aktif yang lebih besar dari sebelumnya. Tentu tak mengapa jika Anda memang me mutuskan secara sadar, lantas menikmati semua proses dan siap dengan semua konsekuensinya.

Semua tergantung pilihan Anda.

Sumber : Income Pentagon – Lyra Puspa

Comment here