Riset

Jenis Endorser Dan Nama Merk Yang Disukai Oleh Konsumen (Bagian 2-Endorser)

Spread the love

Kali ini kita akan mengupas variabel endorser, bagi anda yang belum membaca artikel sebelumnya maka anda wajib membaca silahkan klik tulisan dibawah ini untuk membaca ulasan pertama pada riset ini

Jenis Endorser Dan Nama Merk Yang Disukai Oleh Konsumen (Bagian 1)

Baik, mari kita mulai , apa sih endorser itu ? Endorser adalah seseorang yang memberikan dorongan atau rekomendasi suatu produk atau jasa kepada audiens. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengevaluasi apakah seseorang mempunyai kemampuan untuk menjadi endorser yaitu dengan menilai kredibilitasnya. Pemahaman kredibilitas endorser mengacu pada karakteristik positif yang dimiliki oleh endorser yang dapat  mempengaruhi orang lain untuk menerima argumen yang disampaikan oleh endorser tersebut (Stafford, endorser Stafford & Day, 2002)

risetprofudin
sumber : riset penulis

Sebuah literatur menyatakan bahwa terdapat tiga tipe Endorser :
1. Celebrities,
2. Experts, dan
3. typical persons
(Friedman & Friedman, 1979; Friedman, Termini, & Washington, 1977; Kamins, 1989)

Mari kita kupas satu per satu

1. Artis Pembawa Pesan (Celebrities Endorser)
Selebriti didefinisikan sebagai orang yang diketahui atau dikenal dengan baik oleh masyarakat karena prestasi atau kesuksesan yang telah dicapai. (Friedman & Friedman, 1979; Kamins, 1989). Serupa dengan hal tersebut, selebriti adalah orang yang terkenal, dinamis dan memiliki kualitas dalam memeprngaruhi seseorang (Atkin and Block,1983).

2. Seorang yang Ahli (Expert Endorser)
Seorang ahli didefinisikan sebagai individu yang mengetahui secara detail tentang produk atau jasa (Biswas, Biswas & Das, 2006). Seorang ahli dikenal dari kemampuannya menjelaskan secara benar tentang suatu produk (McCracken, 1989; Ohanian, 1990).

3. Seseorang yang Khas (Typical Person Endorser)
Seorang yang khas didefinisikan sebagai seseorang yang tidak punya pengetahuan khusus tentang produk tetapi dapat menerangkan kegunaan produk. (Friedman & Friedman, 1979). Secara umum typical person digunakan untuk mendorong konsumen untuk membeli suatu produk (Kamins, 1989). Menurut Friedman and Friedman (1979) dikemukakan bahwa typical person lebih efektif dari pada expert dan celebrity untuk promosi produk yang dipakai setiap hari (seperti alat memasak)

Kapan Endorser dinyatakan kredibel ?
Kredibilitas dari endorser ditentukan oleh sampai sejauh mana konsumen menganggap bahwa endorser tersebut mempunyai keahlian (expertise) dan dapat dipercaya (trustworthiness). Source credibility model menjelaskan bahwa efektivitas pesan tergantung pada keahlian dan (expertness) tingkat kepercayaan  (trustworthiness) dari endorser.

Jika endorser menunjukkan keahlian dan dapat dipercaya maka akan meningkatkan kredibilitas iklan, dan pada akhimya dapat mempengaruhi konsumen. Endorser dianggap mempunyai keahlian (expert) apabila orang tersebut mampu membuat pernyataan yang valid tentang karakteristik dan performance produk yang diiklankan. Tingkat kepercayaan (trustworthiness) endorser  terhadap konsumen ditentukan oleh persepsi konsumen terhadap kebenaran pernyataan yang telah dikeluarkan oleh endorser pada saat mengiklankan produk.

Bagaimana endorser mempengaruh sikap dan niat beli konsumen ?
Menurut Atkin (1983) dan Olson (1981) kredibilitas endorser menjadi satu hal yang penting dalam mengevaluasi iklan dan merk, kredibilitas endorser memiliki pengaruh yang positif terhadap sikap konsumen atas iklan dan sikap konsumen atas merk. Menurut Goldsmith (2000) dalam penelitiannya mengemukakan bahwa kredibilitas endorser menjadi hal penting dalam mengevaluasi iklan, kredibilitas endorser memiliki pengaruh positif kepada konsumen terhadap sikap konsumen. Foreign endorser memiliki kredibilitas yang lebih baik daripada domestic endorser karena dianggap lebih expert dan lebih dapat dipercaya. Menurut Jin Tsann Yeh (2010) dalam penelitiannya mengemukakan bahwa dalam sebuah iklan terdapat pengaruh perbedaan jenis endorser terhadap sikap atas iklan, sikap atas merk dan niat beli konsumen.
Mengacu pada hasil penelitian diatas maka hipotesis (dugaan sementara) yang diuji adalah berikut: Jenis endorser memiliki pengaruh yang  signifikan terhadap (a) sikap atas iklan, (b) sikap atas merk, dan (c) niat beli.

Hasil Penelitian
Loh kok sudah hasil ?, mana penjelasan metodologi penelitiannya ?……
sabar, metodologi peneleitian akan kita ulas di artikel berikutnya. Ok,

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa iklan dengan jenis endorser dari luar negeri lebih disukai konsumen daripada iklan dengan endorser dalam negeri,  Dari hasil pengolahan dan analisa data, dapat disimpulkan bahwa iklan menggunakan foreign endorser / endorser luar negeri adalah saran bagi pemasar untuk digunakan dalam periklanan.
NB : future research dalam penelitian ini adalah perlunya pengujian dengan treatment yang berbeda (produk yang berbeda atau jenis endorser yang berbeda)

Selanjutnya  Jenis Endorser Dan Nama Merk Yang Disukai Oleh Konsumen (Bagian 3- Nama Merk)

ARTIKEL LENGKAP DAPAT DILIHAT DISINI (KLIK TULISAN INI)

Comment here