Peluang Usaha

Peluang Usaha Bengkel Modifikasi Motor

Sports vector created by pch.vector - www.freepik.com
Spread the love

Disaat ini,  banyak produsen motor yang menjual berbagai macam jenis kendaraan roda dua baik dalam tipe Matic, Sport bike, dan Naked bike. Tiap tahunnya, penjualan motor di Jakarta terus mengalami kenaikan sekitar 12%. Memiliki kendaraan bermotor sangat penting untuk memikirkan keaslian sparepart dan juga asuransi motor. Namun, terkadang kita ingin merasakan hal lebih dari suatu kendaraan, kendaraan bukan hanya transportasi untuk membawa kita dari titik a ke titik b, tetapi bagi sebagian orang, motor juga harus dinikmati, terlebih lagi jika motor yang dibeli adalah motor yang diimpikan.

5 Peluang Usaha Menguntungkan di Bulan Ramadhan 2021

Saat ini sedang booming-boomingnya modifikasi motor dikalangan anak remaja, alasan mereka memodifikasi motor beragam, ada yang ingin mempercantik kendaraan mereka, ada yang ingin menambahkan kenyamanan di motor saat mengendarainya, bahkan yang paling ekstrim yaitu membuat motor mereka menjadi lebih kencang. Tentu saja tidak semua orang tertarik untuk memodifikasi kendaraan mereka, namun bagi sebagian orang, hal ini sangat menyenangkan,khususnya bagi anak komunitas motor. Hal ini lah yang membuat penulis memilih untuk membahas usaha bengkel motor variasi, selain penulis menyukai otomotif, penulis juga ingin memiliki penghasilan dari hobi ini.

Peluang Usaha Terbaik Ramadan 2021 untuk Ibu-Ibu

Meskipun terkesan usaha yang hanya memiliki target pasar tertentu saja, namun usaha ini dikenal karena usaha ini tidak akan pernah mati/hilang, apalagi semakin banyak variasi motor yang masuk ke Indonesia, berkembangnya teknologi, dan Membuka bisnis ini memang tidak mudah, maka dari itu saya akan memaparkan hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan untuk membuka usaha bengkel modifikasi motor ini, yaitu sebagai berikut :

1. Sewa lahan dan Renovasi

Hal pertama kali yang harus dilakukan ketika ingin membuka usaha bengkel modifikasi adalah dengan mencari tempat/lahan untuk membuka bengkel. Di daerah tempat penulis tinggal yaitu di Bekasi, untuk harga ruko rata-rata 15-20 juta pertahun. Mencari tempat juga harus mempertimbangkan lokasi dan juga target pasar, menurut penulis lokasi yang baik/strategis yaitu diperkotaan, dimana akses kemana saja mudah, tidak terkena banjir, dan tempat yang paling banyak didatangi oleh penggemar otomotif.

Peluang Usaha Terbaik Ramadan 2021 untuk Remaja

Karena pangsa pasar yang dituju sangat kecil, jadi sebisa mungkin kita memilih lokasi yang memang sering dikunjungi oleh para komunitas motor. Setelah itu, lakukan lah renovasi agar tempat yang digunakan semakin memunculkan ciri khasnya yaitu bengkel modifikasi motor, anggarkan saja kira-kira uang 10 juta untuk melakukan renovasi tersebut. Renovasi juga diperlukan agar ketika motor customer sedang dikerjakan, pemilik dapat menunggu dengan nyaman.

2. Peralatan

Setelah itu, mempersiapkan peralatan yang digunakan untuk membuka baut-baut motor nanti. Belilah peralatan yang umum seperti tang, palu, obeng, serta peralatan khusus seperti gerinda, bor dan kompresor, Usahakan untuk membeli seluruh kunci yang tersedia dipasaran agar ketika customer datang, kita sudah dapat melayaninya dengan baik.

3. Spare Parts dan Pelumas

Hal berikutnya yang diperlukan untuk membuka usaha bengkel modifikasi adalah dengan membeli spare parts seperti ban, shockbreaker, diskbrake, caliper, oli, dan lain-lain. Tidak perlu dari merk branded agar modal yang dikeluarkan tidak terlalu banyak, apalagi kita baru membuka bengkel modifikasi ini, lebih baik menyediakan spare parts yang harga nya relative murah, dan memiliki kualitas yang baik.

4. Biaya operasional

Tidak mungkin bagi anda untuk turun langsung melayani customer sendirian, diperlukan minimal 3 karyawan, yaitu 2 mekanik dan 1 lagi bagian administrasi. Selain itu juga, ada biaya listrik, air, dan wifi untuk menunjang fasilitas bengkel. Dan saya akan memberikan rinciannya sebagai berikut :

  1. Gaji pokok : Rp. 2.000.000/Bulan
  2. Uang makan per hari : Rp. 25.000
  3. Listik dan air :Rp.500.000
  4. Wifi : Rp.300.000/bulan

Total perbulan untuk operasional saya mengeluarkan Rp.9.050.000 perbulan

Peluang Usaha Terbaik Ramadan 2021 Untuk Mahasiswa

Setelah semua disiapkan, anda harus melakukan promosi, promosi yang dilakukan melalui sosial media, atau mengajak teman-teman yang inginmelakukan modifikasi di bengkel dengan memberikan harga menarik, serta bergabung didalam komunitas, agar tercipta keyakinan para calon customer untuk melakukan modifikasi di bengkel saya.

 

author : royan fajar imani

Comment here