Peluang Usaha

Peluang Usaha di Tengah Pandemi COVID-19

Spread the love

Peluang usaha merupakan suatu kesempatan yang bisa didapatkan oleh setiap individu untuk mendapatkan tujuannya, dengan cara melakukan sebuah usaha yang bisa memanfaatkan berbagai macam sumber daya yang dimilikinya. Sudah 1 tahun berlalu, pandemi COVID-19 telah mengubah hampir semua aspek kehidupan. Yang pada akhirnya mengharusan kita untuk melakukan social distancing, demi menghambat penyebaran virus yang berbahaya. Hal tersebut tentu sangat berimbas besar pada perekonomian. Banyak perusahaan yang terpaksa gulung tikar dan yang lebih buruk lagi yaitu jutaan pekerja kehilangan pekerjaan.

Skill Academy Yang Dibutuhkan Di Masa Pandemi Covid 19

Saat ini keadaan new normal sudah bisa mulai kembali berjalan, Sehingga roda ekonomi bisa kembali bangkit, tetapi imbas pandemi COVID-19 terhadap perekonomian sudah terlanjur besar dan membutuhkan waktu untuk pemulihan yang cukup lama. Di tengah lesuhnya perekonomi akibat pandemi ini, bukan jadi tidak tersisa peluang dan kesempatan sama sekali. Masih banyak peluang usaha baru yang bisa kita coba dan mungkin berpotensi untuk menghasilkan keuntungan di tengah kondisi gawat saat ini.

5 Peluang Usaha Menguntungkan di Bulan Ramadhan 2021

Kita bisa mencoba memulai usaha di tengah pandemi dengan modal minim misalnya:

1. Mencari usaha yang dianggap potensial

– Yang pertama yaitu sektor healthcare, kita bisa mencoba mulai menyediakan peralatan pendukung kesehatan seperti halnya masker, face shield, jaket antivirus, sampai suplemen vitamin untuk mendukung imunitas dalam tubuh.

– Yang kedua yaitu sektor kuliner, dalam kondisi apapun usaha kuliner tetap saja menjanjikan. Terlebih pandemi saat ini, kita bisa mencoba berjualan makanan beku (frozen food) siap saji dan siap masak, makanan sehat pendukung imunitas.

Peluang Usaha Penulis Konten : Cara Mudah Menghasilkan Uang

– Yang ketiga yaitu sektor jasa guru privat, karena pemerintah telah menetapkan pembelajaran jarak jauh diterapkan untuk tahun ajaran 2020/2021 selama pandemi belum berakhir, banyak orang tua yang kesulitan mendampingi anak-anak mereka belajar dari rumah. Lebih lagi di masa new normal saat ini, banyak karyawan yang sudah mulai kembali bekerja dari kantor, atau work from office (WFO). Hal ini sebenarnya peluang bagi kita yang bergerak di sektor pendidikan. Yaitu dengan menawarkan jasa sebagai guru privat. Pasarkan tetapi jangan dengan tetap menjunjung penerapan protokol COVID-19.

2. Mencari bisnis yang memiliki modal ringan

Kita bisa mencoba untuk memulai berjualan aneka frozen food, kita bisa fokus memakai modal untuk membeli barang dagangan yang kita butuhkan saja. Kita tidak perlu terlalu buru-buru mengambil keputusan untuk membeli freezer baru untuk menyimpan dagangan. Sebagai permulaan, kita cukup memanfaatkan kulkas yang ada di rumah. Sebagai cara lain yang bisa kita coba yaitu dengan menawarkan diri menjadi dropshipper online ke para supplier frozen food yang banyak bertebaran luas di marketplace.

Peluang Usaha Editor dan Proofreader

3. Berusaha mengoptimalkan media sosial dan word of mouth marketing

Kita tidak boleh malu untuk mempromosikan usaha di akun media sosial yang kita miliki. Dengan menawarkan produk berkualitas dan layanan yang cukup baik, usaha kita kelak bisa terbantu dari promosi mulut ke mulut alias word of mouth marketing. Kita juga bisa memanfaatkan jurus promosi memanfaatkan iklan online baik itu melalui Facebook atau Instagram. Jangan lupa optimalkan juga grup-grup Whatsapp dan komunitas yang kita miliki.

Peluang Usaha Terbaik Ramadan 2021 untuk Ibu-Ibu

4. Ekspansi perlahan sesuai perkembangan bisnis

Kadang sebagai pemula dalam dunia usaha, kita terlalu tergesa-gesa ingin membesarkan usaha dengan menggelontorkan modal banyak. Contohnya, baru saja memulai usaha makanan online dan memiliki pelanggan tetap, sudah tergesa menyewa ruko berjualan secara offline. Kita perlu tenang terlebih dahulu, tidak perlu tergesa-gesa. Di tengah kondisi pandemi saat ini, yang membuat perekonomian tengah mengalami lesu seperti sekarang. Semua langkah ekspansi usaha perlu dihitung lebih cermat dan tidak bisa ditempuh tergesa-gesa. Lebih baik kita bermain aman dengan menerapkan prinsip efisiensi. Semua strategi usaha perlu dijalankan dengan mengoptimalkan modal yang ada untuk mendapatkan uang atau keuntungan secara maksimal. Nantinya, saat perekonomian sudah mulai bangkit dan stabil, barulah kita bisa lebih berani berekspansi dan mengeluarkan modal lebih besar.

Peluang Usaha Terbaik Ramadan 2021 untuk Remaja

author : Nur Wakhida Utami

Comment here