Peluang Usaha

Peluang Usaha Terbaik Ramadan 2021 untuk Ibu-Ibu

People vector created by freepik - www.freepik.com
Spread the love

Mencari peluang untuk membuka usaha dan mendapatkan penghasilan tambahan, bisa dilakukan kapan saja. Tapi, jika ada momen yang pas, kenapa tidak? Misalnya, momen ketika bulan Ramadan. Sebenarnya ada banyak lho peluang usaha yang bisa dicoba. Tak terkecuali bagi para ibu.

Anda tak perlu khawatir ! Meski menjadi seorang ibu, Anda masih bisa kok  tetap memberdayakan diri untuk menghasilkan tambahan income. Misalnya, dengan menjual barang-barang yang dekat dengan anda dan juga sesuai dengan minat Anda. Tertarik untuk mencoba? Yuk, simak daftar peluang usaha terbaik Ramadan 2021 untuk ibu-ibu berikut ini.

Foto oleh Ryutaro Tsukata dari Pexels

Usaha Bahan Makanan

Di masa pandemi seperti sekarang, ada banyak orang yang memilih untuk menghindari kontak dengan lingkungannya. Alhasil, kegiatan berbelanja ke pusat-pusat perbelanjaan dan pasar tradisional pun, jadi kegiatan yang sangat berat untuk dilakukan.

Nah, Anda bisa, lho, mengambil kesempatan di kondisi ini. Menjual bahan makanan siap masak bisa Anda lakukan di bulan Ramadan, untuk memudahkan orang-orang memenuhi menu makanan ketika sahur dan berbuka.

Bahan makanan yang Anda jual, bisa disiapkan per menu masakan. Misalnya, bahan lengkap untuk membuat sayur sop dan bahan lengkap membuat ayam ongkep untuk hari Senin. Masing-masing dimasukkan ke dalam kotak plastik kedap udara, dan bisa ditawarkan ke teman-teman terdekat melalui media sosial atau broadcast message. Atau menawarkan menu frozen food siap saji yang memudahkan konsumen untuk mengolah masakan tersebut. Biasanya, frozen food banyak dipilih karena lebih praktis. Usaha ini bisa Anda jalankan dari rumah dan sangat cocok dilakukan di bulan Ramadan.

Foto oleh NEOSiAM 2021 dari Pexels

Usaha Bumbu Masakan Homemade

Meski banyak orang yang hobi memasak, tapi tidak semua orang suka menyiapkan bumbunya. Alasannya, karena untuk beberapa jenis masakan, diperlukan bumbu lengkap yang harus digiling / diulek terlebih dulu dan memakan lebih banyak waktu. Anda bisa mencoba untuk menjual bumbu-bumbu masakan homemade siap saji. Tentunya bumbu homemade ini cocok bagi orang-orang sibuk, yang tetap ingin menyiapkan hidangan untuk sahur dan berbuka di bulan Ramadan.

Anda bisa menjual bumbu masakan ini sesuai dengan jenisnya. Misalnya, bumbu dasar putih untuk membuat masakan tumisan sayuran, daging, bacem tahu/tempe, dan lain-lain. Bumbu dasar merah untuk membuat masakan sayur asam, nasi/mi goreng, sambal goreng ati, dan lain-lain. Juga bumbu dasar kuning untuk membuat masakan kari ayam/telur, ayam goreng lengkuas, pesmol ikan, dan lain-lain. Masukkan masing-masing bumbu pada wadah kaca (jar). Lalu, jual melalui media sosial atau masukkan dalam menu di aplikasi ojek online.

Foto oleh Thiều Hoàng Phước dari Pexels

Usaha Jahit

Bagi Anda yang bisa membuat pola dan menjahit, coba, deh, ambil peluang untuk membuka usaha jahit di rumah. Usaha jahit merupakan salah satu jenis usaha yang bisa dilakukan di bulan Ramadan. Di mana biasanya orang-orang ingin membuat baju seragam keluarga, yang bisa digunakan di hari Lebaran.

Manfaatkan peluang ini dengan cara membuka usaha jahit kecil-kecilan dengan skala rumahan. Anda bisa menerima pesanan menjahit sesuai dengan permintaan. Selain itu, Anda juga bisa membuka kursus menjahit bagi tetangga-tetangga dekat Anda. Selain mendapatkan penghasilan tambahan, Anda juga bisa sekaligus membagikan ilmu, bukan?

Anda tak perlu khawatir ! Meski menjadi seorang ibu, Anda masih bisa kok  tetap memberdayakan diri untuk menghasilkan tambahan income

sumber : jpnndotcom

Usaha Jastip

Jastip atau jasa titip merupakan jenis usaha modern yang populer di era milenial seperti sekarang. Apalagi di masa pandemi ini, banyak orang yang takut untuk berbelanja secara langsung. Manfaatkan kondisi ini dengan menjadi agen jastip. Jika dulu layanan jastip hanya untuk membeli barang-barang dari luar negeri, kini jastip juga untuk barang-barang yang ada di dalam negeri. Misalnya, produk skincare, tas, pakaian, dan lain-lain.

Cara kerja usaha jastip cukup mudah, karena Anda hanya perlu datang ke mal atau tempat penjualan lainnya. Foto/rekam barang yang sedang hits atau yang akan Anda jadikan barang jastip. Post foto/rekaman tersebut ke media sosial Anda. Biarkan teman-teman Anda melihat postingan tersebut, dan jika ada yang tertarik maka barang itulah yang akan dipesan.

sumber : wikipedia

Usaha Ketupat

Membuka usaha membuat ketupat, bisa Anda lakukan di akhir bulan Ramadan atau mendekati Lebaran. Sebagai simbol dari Hari Raya, ketupat tentu menjadi salah satu jenis makanan yang dicari untuk melengkapi acara makan bersama keluarga. Nah, dengan modal yang tidak terlalu besar, Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari usaha ini.

Usaha ketupat bisa Anda lakukan di rumah, dikerjakan sendiri atau dibantu oleh anggota keluarga lainnya. Meski sepele, usaha ini akan sangat membantu para ibu yang tetap ingin menyuguhkan hidangan spesial bagi seluruh anggota keluarga. Anda bisa menjual ketupat buatan Anda melalui media sosial, atau tawarkan pada tetangga-tetangga di lingkungan rumah Anda.

Baca Juga 5 Peluang Usaha Menguntungkan di Bulan Ramadhan

Sejatinya memang banyak orang yang mengambil kesempatan untuk mendapatkan peluang usaha di bulan Ramadan. Bagaimana dengan Anda? Semoga artikel tentang peluang usaha terbaik Ramadan 2021 untuk ibu-ibu ini bermanfaat, ya!

sumber gambar : People vector created by freepik – www.freepik.com

 

Comment here