Peluang Usaha

Peluang Usaha Terbaik Ramadan 2021 Untuk Mahasiswa

Spread the love

Tidak terasa, Bulan Ramadan akan tiba sebentar lagi, bulan paling dinanti oleh sebagian besar umat Islam. Bulan yang penuh keberkahan ini selalu dijadikan ajang berlomba untuk meningkatkan amal ibadah bagi umat muslim. Mulai dari melaksanakan ibadah wajib puasa ramadan, bersedekah, hingga ibadah sunnah lainnya. Semua amalan ibadah yang dilakukan di bulan ini akan dilipat-gandakan. Itulah alasan mengapa Bulan Ramadan selalu istimewa dibandingkan bulan lainnya.

Momen Ramadan di Indonesia juga dijadikan sebagai ladang mencari penghasilan tambahan. Ada banyak usaha dadakan yang bermunculan hanya ketika bulan Ramadan tiba. Usaha ini tidak hanya dijalankan oleh kalangan pengusaha, tetapi juga banyak dilirik oleh mahasiswa.

Banyak mahasiswa yang mencoba membuka usaha ketika Ramadan sambil belajar berbisnis untuk bekal skill setelah lulus. Lantas peluang bisnis apa yang cocok dijalankan mahasiswa ketika bulan Ramadan? Yuk, simak beberapa rekomendasi di bawah ini.

Terima Katering Makanan Sahur

Mengapa jualan makanan sahur? Sebab, beberapa mahasiswa yang tinggal di rumah kos sering malas bangun untuk menyiapkan makan sahur. Mereka akan memilih untuk memakan apa saja yang ada atau sisa berbuka sebelumnya. Peluang inilah yang dapat dijadikan inovasi dalam bisnis Kamu. Cobalah menawarkan jasa katering makan sahur yang siap diantar ke tempat kos konsumen.

Kamu bisa membuat menu-menu makan sahur dalam 1 paket yang simpel tapi lengkap, terdiri dari lauk-pauk, sayur, dan nasi. Buat pilihan menu sesuai kemampuan kamu dalam memasak. Kamu bisa memulai menawarkan 5 pilihan menu, dan bisa berganti di tiap minggunya agar pelanggan tidak bosan. Buatlah sistem PO, agar memudahkan Kamu menyiapkan segala kebutuhannya.

Jual Camilan dan Minuman Segar Untuk Takjil

Mungkin ide berjualan menu takjil sudah cukup populer. Namun tidak ada salahnya, jika Kamu mencobanya. Kamu bisa menjual makanan khas daerah asal, sebagai obat rindu pada kampung halaman. Kamu juga bisa berjualan makanan takjil yang serba manis dan segar.  Seperti kolak, es campur, es buah atau camilan yang dapat memuaskan lidah setelah seharian berpuasa.

Kreasikan ide dan carilah menu minuman segar yang mudah dibuat, mengingat sebagai mahasiswa tugas kuliah juga menanti.  Agar jualan terlihat lebih menarik dari pesaing, Kamu perlu memikirkan soal kemasan. Usahakan tampilan kemasan takjil terlihat bersih dan rapi.

Bagaimana jika tidak mempunyai waktu untuk mengolah/membuat takjil? Jangan sedih, Kamu tetap bisa belajar bisnis dengan menjual makanan takjil titipan orang lain. Kamu hanya perlu menyiapkan tempat jualan yang strategis. Kamu  bertugas memasarkan semua dagangan hasil produksi orang lain. Kamu bisa meminta teman-teman kuliah yang pandai mengolah masakan dan berjualan di stand yang telah kamu siapkan. Jadi semacam teamwork dengan teman, bukan? Mereka yang membuat dan mengolah makanan, Kamu yang memasarkan.

Jualan Jasa Menghias Hamper Lebaran

Belakangan, sedang ngetren mengirim hamper kepada teman / anggota keluarga di hari istimewa sebagai hadiah. Konsep hamper sedikit berbeda dengan parsel. Hamper yang dikirim kepada teman / keluarga terkesan lebih intim dan personal. Bahkan dalam mengirim hamper biasanya disisipkan kartu ucapan dengan pesan spesial. Berbeda dengan parsel yang lebih terlihat umum, dan tidak perlu perlakuan khusus.

Nah, bagi Kamu yang mempunyai keterampilan dan jago menghias hamper, bisa mencoba menawarkan jasa mengemas hamper. Tawarkan jasa mengemas kepada toko-toko atau produsen kue lebaran.  Kamu bisa menawarkan jasa melalui sosial media.

Jualan Kue Lebaran

Bagi mahasiswa yang mempunyai bakat dan passion di bidang boga, tidak ada salahnya untuk menjual aneka kue lebaran. Kue lebaran merupakan salah satu penganan paling dicari menjelang lebaran, sebagai suguhan tamu-tamu yang datang.

Meski pandemi, penjualan kue lebaran masih terus meningkat. Sebab, selain sebagai suguhan, kue lebaran juga dapat digunakan sebagai hantaran parsel atau hamper yang dikirim kepada teman/ keluarga. Peluang inilah yang tidak boleh dilewatkan oleh pengusaha, termasuk mahasiswa sekalipun.

Sumber : geti.id

Dropshipper Baju Muslim

Bulan Ramadan dan momen Lebaran memang selalu dikaitkan dengan semua hal yang berbau baru.  Mulai dari jiwa kembali fitrah hingga penampilan yang berbeda dari atas hingga ujung kaki. Biasanya, mereka akan berbondong-bondong membeli baju baru untuk menunjang penampilan di hari raya.

Tidak heran jika permintaan baju muslim menjadi lebih tinggi dibanding bulan lainnya. Peluang ini bisa dilirik oleh mahasiswa yang akan membuka bisnis. Jika terhalang dengan modal, Kamu bisa tetap berjualan baju muslim dengan menjadi dropshipper.

BACA JUGA : 5 Peluang Usaha Menguntungkan di Bulan Ramadhan 2021

Tugasnya hanya mempromosikan barang orang lain, tanpa harus menyetok barang. Kamu bisa memasarkan dagangan melalui sosial media. Jika ada peminat, Kamu cukup menghubungi supplier barang dan meminta mereka mengirim pesanan tersebut. Kamu akan mendapatkan keuntungan dari selisih harga yang ditawarkan oleh supplier.  Tetap untung dan minim risiko, bukan?

Banyak mahasiswa yang mencoba membuka usaha ketika Ramadan sambil belajar berbisnis untuk bekal skill setelah lulus

Itulah 5 peluang bisnis di bulan Ramadan  yang bisa dicoba oleh mahasiswa. Kunci suksesnya hanya niat dan konsisten menjalaninya. Peluang usaha ini bisa menjadi bisnis musiman yang menjanjikan keuntungan di tengah tugas-tugas kuliah yang menggunung.  Selamat mencoba.

 

Comment here