Peluang Usaha

Peluang Usaha Terbaik Ramadan 2021 untuk Remaja

Spread the love

Memanfaatkan waktu luang ketika Ramadan, bisa menjadi cara ampuh untuk menghilangkan kebosanan. Apalagi bagi para remaja yang terbiasa memiliki banyak kegiatan. Meski Ramadan biasanya berbarengan dengan liburan sekolah dan perkuliahan, Kamu bisa, lho, mengisi momen ini dengan mencari uang jajan tambahan.

Nah, sebagai remaja, Kamu tentu ingin menjalankan usaha yang masih sesuai dengan jiwa mudamu, bukan? Simak dulu, peluang usaha terbaik Ramadan 2021 untuk remaja yang bisa Kamu coba berikut ini.

Usaha Jasa Titip (Jastip)

Jenis usaha yang sedang populer ini memang bisa dilakukan oleh siapa saja. Mulai dari ibu-ibu sampai anak sekolah juga bisa melakukannya. Sebagai remaja, Kamu bisa menjadi agen jastip atau jasa titip, untuk layanan pembelian barang-barang yang menjadi tren di kalangan milenial. Misalnya, tas sekolah, baju kekinian, tumblr, kaos kaki lucu, atau bahkan buku bacaan seru.

Cari tahu barang-barang apa yang sedang digemari oleh anak muda masa kini. Ramadan identik dengan mudik atau pulang kampung,  datanglah ke pusat-pusat perbelanjaan yang ada di kampung halaman. Kemudian ambil foto/video dari barang-barang yang menjadi ikonik daerah asal keluargamu tersebut.

Baca Juga : 5 Peluang Usaha Menguntungkan di Bulan Ramadhan 2021

Kemudian tawarkan melalui media sosial, seperti status WhatsApp, Instagram Story, dan lainnya. Tunggu respon dari teman-temanmu! Jika mereka ingin membeli barang yang Kamu tawarkan, maka barang itulah yang akan Kamu pesan. Usaha jastip termasuk mudah dilakukan karena tidak membutuhkan modal untuk dijalankan.

Usaha Jualan Mukena

Sebagian besar masyarakat Muslim, menjadikan momen Ramadan dan Lebaran sebagai momen untuk membeli alat salat baru. Salah satunya mukena. Nah, Kamu bisa memanfaatkan budaya ini dengan membuka usaha menjual mukena. Alih-alih menjual mukena dengan model dan motif biasa, coba, deh, jual mukena dengan tema yang unik. Misalnya, mukena dengan motif tie dye, motif bali polos, mukena safar/travelling, dan lain-lain.

Baca Juga : Peluang Usaha Terbaik Ramadan 2021 untuk Ibu-Ibu

Usaha menjual mukena bisa juga Kamu lakukan sebagai reseller, lho. Temukan produsen mukena yang cocok, agar lebih mudah menjalankan usaha ini. Kamu bisa menjual mukena melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, WhatsApp, atau melalui marketplace. Target pasarnya adalah para milenial yang tetap ingin tampil trendy saat beribadah.

Usaha Les Privat Online

Bagi Kamu yang memiliki kemampuan untuk mengajar atau menyampaikan sesuatu dengan baik, Kamu bisa mencoba untuk membuka usaha les privat. Manfaatkan momen Ramadan ini dengan mengajar anak-anak di lingkungan sekitarmu. Tapi, bagaimana jika pandemi belum berakhir? Maka lakukan les privat secara online.

Baca Juga : Peluang Usaha Penulis Konten : Cara Mudah Menghasilkan Uang

Untuk bisa mengajar les online, sebaiknya Kamu mendaftar pada situs web untuk freelancer. Daftarkan dirimu sebagai guru les online dengan mata pelajaran dan target murid yang sesuai dengan kemampuanmu. Misalnya, Kamu akan mengajar pelajaran Bahasa Indonesia untuk anak SD – SMP. Tetapkan juga honor yang Kamu minta, misalnya mulai dari Rp30.000 per jam. Bagaimana? Waktu luang di bulan Ramadan bisa jadi sangat bermanfaat, bukan?

Kamu bisa, lho, mengisi momen ini dengan mencari uang jajan tambahan.

Usaha Desain Ucapan Lebaran

Kamu bisa mendesain dan suka mengotak-atik aplikasi editorial di gadget-mu? Jika iya, maka Kamu cocok untuk mencoba peluang usaha membuat desain ucapan Lebaran.

Jika zaman dulu ucapan Lebaran identik dengan kartu, maka kini Kamu bisa memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada. Yaitu membuat ucapan Lebaran dengan menggunakan foto atau video ucapan, yang bisa dijadikan sebagai konten di media sosial. Misalnya, diposting di Instagram atau Facebook pasti seru, bukan?

Baca Juga : Peluang Usaha Terbaik Ramadan 2021 untuk Ibu-Ibu

Tentu ini bisa menjadi jenis usaha kekinian, yang bisa Kamu coba sebagai seorang remaja milenial. Pekerjaan ini bisa Kamu lakukan di mana saja, lho. Kreasikan foto atau video dengan kreatif dan menarik. Sehingga Kamu bisa menggaet pesanan dari anak-anak muda yang senang dengan hal berbau kekinian. Mulailah usaha ini sejak bulan Ramadan, agar jika permintaan semakin banyak, Kamu masih memiliki banyak waktu untuk menyelesaikannya.

Usaha Parsel

Salah satu penanda datangnya bulan Ramadan adalah semakin banyaknya toko-toko yang melayani penjualan parsel. Tapi, image mahal dan mewah pada parsel, memang sudah melekat lumayan kuat. Sehingga, memberi parsel pun identik dengan kebiasaan orang-orang kaya atau instansi-instansi besar saja. Jadi, yuk, buat agar parsel jadi lebih merakyat!

Kamu bisa memulai usaha parsel unik dan kreatifmu, dengan target pasar anak-anak muda milenial. Coba, deh, buat parsel dari snack-snack murah meriah yang mudah didapatkan di minimarket terdekat. Misalnya, wafer, cokelat, dan susu. Sesuaikan warnanya dengan tema yang ada. Lalu hias semenarik mungkin. Jual parsel buatanmu melalui media sosial atau kirimkan sample parsel kepada teman-teman terdekatmu terlebih dulu.

Baca Juga : Peluang Usaha Editor dan Proofreader

Jadi, tidak ada alasan untuk bermalas-malasan di bulan Ramadan, jika Kamu bisa berpuasa sembari menghasilkan uang tambahan. Bahkan jika memungkinkan, usaha musiman ini bisa Kamu lakukan seterusnya. Ya, kenapa tidak? Demikian informasi tentang peluang usaha terbaik 2021 untuk remaja. Selamat mencoba!

Sumber Gambar :

Sale vector created by vectorpocket – www.freepik.com

Comment here