Motivasi Hari IniPeluang Usaha

Skill Academy Yang Dibutuhkan Di Masa Pandemi Covid 19

Spread the love

Skill Academy – Dalam Quran Surah Yusuf ayat 43 – 49 Raja Mesir yaitu Raja Amenhotep IV  bermimpi sesuatu yang selama ini tidak pernah dialaminya. sang raja melihat tujuh ekor sapi betina gemuk dimakan tujuh sapi betina  kurus dan tujuh bulir gandum hijau yang subur dimakan tujuh bulir gandum  kering. Ketika terbangun dari tidur, sang raja diselimuti rasa penasaran.  Dia memanggil para penafsir mimpi untuk menguak makna mimpi tersebut. Lalu  apa kata mereka? Semua itu adalah mimpi yang tak berarti, kata para ahli  penafsir mimpi. Raja tak puas dengan jawaban itu. Dia mencari tahu siapa orang yang mampu menafsirkan mimpi dengan baik. Pelayan istana kemudian tampil mengatakan bahwa ada seorang penafsir mimpi. Dia memang orang yang sangat mahir menjelaskan apa makna mimpi yang dialami seseorang. Siapa dia? bawa ke sini, kata sang raja. Pelayan itu kemudian menyambangi Nabi Yusuf yang masih terkurung dalam penjara. Ketika sampai kepada sang nabi, dia menjelaskan mimpi tadi. Nabi Yusuf kemudian menjelaskan bahwa mimpi itu adalah peringatan dari Sang Pencipta  agar masyarakat bercocok tanam tujuh tahun. Setelah dipanen, simpanlah  hasilnya dengan baik. Makan sedikit-sedikit saja dari hasil tersebut dan jangan berlebihan. Setelah itu akan datang tujuh tahun musim paceklik yang penuh penderitaan. Persediaan pangan akan banyak terkuras untuk kebutuhan pangan pada masa tersebut. Setelah itu hujan akan datang dengan cukup. Ketika itu mereka kembali bercocok tanam, memeras anggur, dan menikmati hasil panen dengan  suka ria.

Setelah mendengar dan memahami penjelasan Nabi Yusuf, pelayan tadi pergi. Dia  kembali kehadapan raja dan menjelaskan apa yang sudah ditafsirkan sang  Nabi.Tak percaya begitu saja dengan penjelasan si pelayan, raja memerintahkan aparatnya untuk membawa Nabi Yusuf ke hadapannya. Bawalah dia  kepadaku, kata sang Raja. Si penguasa mengapresiasi penjelasan sang nabi. Kemudian dia mengerahkan kekuasaannya untuk melaksanakan cocok tanam untuk  menghadapi musim kemarau panjang. Rakyat Mesir ketika itu hidup berkecukupan. Meski musim kering menyulitkan kehidupan, mereka tetap bertahan hidup dengan selamat.

sumber: freepik
sumber : freepik

Skill Academy Yang Perlu Kita Tingkatkan

Keadaan diatas sangat relevan pada masa pandemi covid 19 sekarang ini kita semua perlu melakukan kontemplasi atas apa yang ada dalam Al Quran tersebut, setelah melakukan kontemplasi kita harus implementasikan apa yang pernah  kita pelajari dahulu dari guru, dosen dan orang tua kita dalam hal  manajerial, baik manajerial pribadi maupun manajerial organisasi (perusahaan  / bisnis)

Berikut adalah skill academy yang sebaiknya kita lakukan :

1. Berhemat dan meningkatkan produktifitas

ayat diatas memberikan kita gambaran bahwa kita harus berhemat serta meningkatkan produktifitas, pada masa pandemi ini kita selayaknya membelanjakan uang kita sesuai kebutuhan dasar, tahan segala keinginan, selain itu kita harus meningkatkan produktifitas kita sehingga hasil dari aktvitas kita kita pakai sebagian kecil untuk konsumsi dan sebagian besar kita simpan untuk cadangan selama masa pandemi.

2. Menambah skill academy / kompetensi

ada empat skill academy yang harus kita tingkatkan pada masa pandemi ini:

A. Habit Formation Skills

Habit formation skills adalah kecakapan untuk membangun new good habits yang kita kehendaki. Para pakar habir mengatakan : kebiasaan atau habit itu adalah komponen  terkecil dari hidup kita namun amat besar perannya dalam memprediksi masa depanmu. Dalam kaitanya dengan era new normal atau adaptasi kebiasaan baru di masa  pandemi covid 19 ini, maka habit formation skills menjadi amat perlu. (Bahkan namanya saja “adaptasi kebiasaan baru”, artinya memang banyak  kebiasaan baru yang perlu ditumbuhkan). Dalam era new normal, ada sejumlah kebiasaan baru yang perlu dibangun, bukan  saja dalam kebiasaan medis (misal cuci tangan, selalu jaga jarak, rutin  pakai masker), namun juga dalam aspek lainnya, misal kebiasaan kerja yang  baru (karena kini kita lebih banyak bekerja secara remote/berpindah pindah atau bukan tempat biasanya).

B. Online Marketing Skills

Di era pandemi ini, salah satu pelajaran bisnis yang layak kita petik adalah skill academy ini : ternyata cara ampuh agar jualan tetap laku tanpa tatap muka itu adalah  melalui media online (entah via marketplace / shopee atau lazada, blog, social media, email, aplikasi food delivery ataupun WA). Di saat kita diminta untuk tidak sering bertemu tatap muka, maka layar smartphone menjadi opsi paling elegan untuk bisa tetap melakukan pemasaran dan penjualan bisnis. Maka di era New Normal ini, kecakapan untuk melakukan online marketing  skills menjadi makin krusial. Kemampuan untuk melakukan bisnis di  marketplace, WhatsApp Marketing, memasang FB Ads, ataupun menjalankan  Instagram Marketing merupakan beberapa skills yang layak diterus diasah agar kita makin sukses di era new normal ini.

C. Money Management Skills

Era Pandemi ini memberikan dua pelajaran berharga tentang ilmu money management skills, yakni :

1) skill academy untuk menciptakan multiple income stream dan

2) skill academy menyiapkan dana darurat.

Kecakapan menciptakan multiple income stream menjadi krusial, sebab banyak  pelaku usaha yang kolaps gara-gara jualannya tidak laku akibat pandemi. Mereka kolaps karena hanya andalkan satu bisnis dan satu sumber pemasukan. Kalau saja ada diversifikasi usaha atau diversivifikasi income sajak awal,  maka harapannya masih ada bisnis yang tetap survive dan bisa menjadi  penyelamat keuangannya. skill academy menyiapkan dana darurat menjadi terasa begitu penting justru di masa genting seperti ini. Bayangkan apa akibatnya, jika income anjlok gara-gara pandemi, dan lalu tidak ada dana darurat sebagai cadangan pengganti nafkah yang hilang. Mau makan apa kita minggu depan?

3. Self-Resiliency Skills

Resiliency skills merujuk pada kemampuan kita menahan diri (self-control),  mau menunda kesenangan demi kebaikan masa depan, sabar menghadapi cobaan,  dan terus mampu menjaga disiplin diri dengan konsisten. Dan semua kemampuan itu amat penting agak sukses di era New Normal. Agar kita sukses melawan pandemi.

sumber : freepik

Skill Academy Prakerja

Bagi adik adik yang belum bekerja dan ingin meningkatkan skill, maka skill academy prakerja sangat cocok untuk anda ikuti, sebuah pilihan yang benar bila Anda meningkatkan Skill Academy, beragam topik bisa Anda kembangkan sesuai dengan kebutuhan dan minat Anda. Mulai dari pengembangan diri, strategi pemasaran, bisnis, hingga teknologi & software, dalam Skill Academy tersedia juga pelatihan untuk mengembangkan skill yang bersifat teknikal.

Bila anda meliliki kartu prakerja dan masih bingung ingin memilih bagaimana meingkatkan Skill Academy sebagai pelatihan Prakerja Anda, berikut adalah rekomendasi lima kelas terbaik dan paling banyak diikuti oleh peserta Kartu Prakerja.

https://www.ruangguru.com/blog/rekomendasi-kelas-prakerja

https://skillacademy.com/prakerja

Tentunya masih ada banyak lagi beragam skill academy terbaik lainnya yang pastinya penting untuk anda lakukan saat ini. Demikian yang dapat disampaikan terkait dengan beragam cara academy skill. Semoga informasi yang sudah dijelaskan diatas dapat membantu anda memilih academy skill yang terbaik untuk dilakukan.

Sumber :
strategimanagemen.net
republika.co.id

Comment here