Strategi Bisnis

Strategi Bisnis Sektor Pariwisata Pada Saat Pandemi

Spread the love

Pada tahun 2019 dan pada tahun sebelumnya mengalami pandemi covid-19 sektor pariwisata Indonesia selalu ramai dengan wisatawan domestik ataupun mancanegara, namun Pada masa covid-19 banyak yang mengalami kesulitan melangsungkan hidup atau bermasalah dengan perekonomiannya karna tidak stabil bahkan tak ada pemasukan karna penghasilan yang didapatkan tidak seperti sebelum terjadi covid-19, bahkan ada yang sampai di PHK. Pada saat covid -19 sektor pariwisata merupakan salah satu sektor yang ikut terkena dampak, karna tidak bisa beroperasi seperti biasa dan sedikitnya pengunjung dari domestik ataupun manca negara. Hal itu terjadi karena di setiap negara sedang melaksanakan Lock down,PSBB (pembatsan sosial berskala besar), ataupun New Normal. Ketika sektor pariwisata diIndonesia terdampak beberapa sektor yang lainnya juga ikut terdampak seperti sektor ekonomi yang meliputi pengolahan, transportasi, penyediaan akomodasi, makan minum serta perdagangan besar ataupun kecil. Dalam hal ini sektor pariwisata harus bangkit daan mulai menyusun strategi dari awal karena pada pembuatan startegi diawal belum pernah menyangka bahwa akan ada virus covid-19 yang menyerang indonesia. Maka dari itu sektor pariwisata mulai menyusun strategi atau upaya yaitu: melakukan promosi melalui sosial media, Menciptakan dan membangun daya tarik wisata, pembenahan destinasi wisata, Meningkatkan kualitas SDM tenaga kerja ekonomi, adapun strategi bisnis sektor pariwisata pada saat pandemi adalah sebagai berikut :

Strategi pertama yang dilakukan yaitu melakukan promosi melalui sosial media yang lebih kreatif dan inovatif. Sosial media itu untuk di era seperti ini sangat penting karen semua orang dapat mengertahui informasi melalui sosial media ataupun website, dan buat tampilan sosial media semenarik mungkin kemudian berikan informasi-informasi penting di sosial media karna dengan cara ini memudahkan orang mengetahui dan dapat memunculkan daya tarik untuk berkunjung kewisata tersebut.

Strategi Bisnis Sektor Perhotelan Di Masa Pandemi

Strategi kedua yaitu Menciptakan dan membangun daya tarik wisata, dengan cara memperbaiki fasilitas-fasilitas wisata, mengubah atau menambahkan fasilitas yang dapat membuat wisatawan ingin berkunjung tersebut. Wisatawan domestik ataupun dari mancanegara akan tertarik datang ke wisata tersebut karena mengetahui ada fasilitas-fasilitas yang baru dan fasilitas yang membuatnya tertarik untuk datang ke sana.

Strategi Pemasaran Sektor Properti Saat Pandemi

Strategi ketiga yaitu pembenahan destinasi wisata karena ini juga bekaitan dengan kenyamanan wisatawan atau pengunjung. Hal yang harus dibenahi seperti kebersihan, keamanan, kesehatan, pelestarian lingkungan dan yang lainnya. Salah satu caranya mungkin dapat  dimulai dari menerapkan protokol kesehantan sesuai yang danjurkan pemerintah agar wisatwan tidak perlu khawatir ataupun cemas,  menyipkan westafel atau tempat mencucui tangan serta sabun, dan handsantitaizer kemudian ada pengecekan suhu sebelum memasuki wilayah wisata. Apabila wisatawan yang datang mulai banyak atau seperti sebelum terjadi covid-19 mungkin bisa juga melakukan pembatasan kunjungan wisata.

Strategi Pemasaran Terbaik Melalui Instagram

Strategi keempat yaitu menambah fasilitas layanan seperti di setiap tempat wisata menyediakan jasa fotografi, jasa penyelenggraan pertemuan, menerima sebegai tempat perfileman atau periklanan. Dengan begitu wisatawan merasa puas karna adanya fasilitas jasa yang beraneka macam serta dapat memudahkan wisatawan dalam melakukan apa yang diinginkan.

Strategi Pemasaran Cafee Menghadapi Pandemi Covid-19

Strategi ke lima adalah mengikuti program sertifikasi CHSE,  yaitu program sertifikasi dari Kemenparekraf berupa penerapan protokol kesehatan yang berbasis pada Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan) dari pemerintah dengan memberikan sertifikat CHSE kepada seluruh sektor pariwisata. Program CHSE ini adalah upaya dari pemerintah untuk menciptakan ruangan yang aman dan nyaman untuk wisatawan sesuai protocol kesehatan. Dengan adanya sertifikat CHSE wisatawan domestik ataupun mancanegara akan merasa lebih aman dan nyaman. Serta para wisatawan tidak perlu merasakan  kekawatiran karena adanya program tersebut tempat wisata yang dikunjungi.

Strategi Bisnis Terbaik Menghadapi Webrooming Dan Showrooming

Sektor pariwisata adalah sektor memanfaatkan sumber daya dan mengembangkan pariwisata daerah untuk perekonomian indonesia. Namun Pada masa covid-19 banyak yang mengalami sektor pariwisata terkena dampak, karna tidak bisa beroperasi seperti biasa dan sedikitnya pengunjung dari domestik ataupun manca negara. Hal itu terjadi karna di setiap negara sedang melaksanakan Lock down,PSBB (pembatsan sosial berskala besar), ataupun New Normal. Ketika sektor pariwisata terdampak beberapa sektor yang lainnya juga ikut terdampak seperti sektor ekonomi yang meliputi pengolahan, transportasi, penyediaan akomodasi, makan minum serta perdagangan besar ataupun kecil. Dalam hal ini sektor pariwisata harus bangkit daan mulai menyusun strategi dari awal karena pada pembuatan startegi diawal belum pernah menyangka bahwa akan ada virus covid-19 yang menyerang indonesia. Maka dari itu sektor pariwisata mulai menyusun strategi atau upaya yaitu: melakukan promosi melalui sosial media, Menciptakan dan membangun daya tarik wisata, pembenahan destinasi wisata, menambag failitas layanan dan mengikuti sertifikat CHSE kepada seluruh sektor pariwisata. Dengan menjalankan kelima strategi bisnis sektor pariwisata pada saat pandemi tersebut sektor Pariwisata di Indonesia akan stabil kembali dan sektor pariwisata bisa terus bertahan.

 

Sumber: Alfiyatul Madhiya

Comment here