Strategi BisnisStrategi Pemasaran

Strategi Bisnis Sektor Perhotelan Di Masa Pandemi

hotel
Spread the love

Awal tahun 2020 menjadi tahun yang kelam bagi beberapa negara dunia, salah satunya negara Indonesia. Beberapa negara mulai terkena dampak dari sebuah fenomena yang bernama virus Covid-19. Covid 19 memberikan dampak yang cukup keras terhadap sektor ekonomi hampir diseluruh dunia tanpa terkecuali Indonesia. Apalagi pergerakan virus yang cepat membuat pemerintah melakukan kebijakan-kebijakan khusus demi menekan penyebaran virus corona. Salah satu sektor ekonomi yang terdampak karena peristiwa ini adalah sektor perhotelan. Hotel menjadi salah satu dari sekian banyak sektor yang terdampak. Karena kebijakan pemerintah yang membatasi mobilitas masyarakat dan menghimbau masyarakat untuk tetap berdiam diri dirumah menyebabkan turunnya tingkat hunian hotel. Hunian hotel turun disebabkan oleh jumlah pengunjung hotel yang terus berkurang. Pengunjung hotel tidak mau mengambil resiko tinggi seperti berpergian ataupun bertemu orang disaat kondisi pandemi seperti ini. Turunnya pengunjung hotel ini juga bisa menyebabkan para investor hotel atau para pemangku kepentingan enggan untuk bekerja sama karena mereka menganggap bahwa tidak ada keuntungannya bagi mereka. Oleh karena itu masalah-masalah tersebut perlu menjadi perhatian penting bagi pihak hotel agar hotel bisa tetap bertahan, aman dan nyaman bagi para pengunjung ataupun para pemangku kepentingan. Pihak hotel harus merancang sebuah strategi untuk bisa mempertahankan bisnisnya. Berikut 5 Strategi Bisnis Sektor Perhotelan Di Masa Pandemi

Solusi Terbaik Mengelola Keuangan Di Masa Pandemi

Hotel
Kredit Foto : unsplash

1. Penguatan Produk Yang Ditawarkan

Strategi pertama, yang perlu dilakukan oleh pihak hotel adalah penguatan pada jasa yang ditawarkan., karena jasa yang ditawarkan adalah hal yang penting untuk memuaskan konsumen. Pihak hotel perlu menjamin kebersihan dan kenyamanan hotel. Ini penting karena pada saat pandemi covid 19 , kebersihan adalah hal yang harus diutamakan untuk melindungi pengunjung agar terhindar dari wabah yang terjadi. Pihak hotel bisa menerapkan protokol kesehatan seperti menyediakan tempat cuci tangan, pengecekan suhu tubuh, penyediaan hand sanitizer di tempat yang sering disentuh pengunjung dan selalu mendisinfektan setiap ruangan atau kamar pengunjung. Selain itu pihak hotel juga diharapkan dapat menyediakan makanan yang higienis dan bergizi. Beberapa hal tersebut perlu untuk dilakukan supaya pengunjung hotel merasa aman dan nyaman saat menginap di hotel.

Strategi Bisnis Terbaik Menghadapi Webrooming Dan Showrooming

2. Peningkatan Pelayanan Hotel

Selain strategi penguatan jasa pihak hotel juga perlu fokus terhadap pelayanan. Pelayanan ini penting karena melibatkan manusia atau beberpa system dalam prosesnya. Pihak hotel perlu menyiapkan strategi pelayanan yang meminimalisir kontak. Hal itu dilakukan untuk melindungi pengunjung maupun karyawan hotel. Pihak hotel bisa menggunakan sistem pemesanan secara online dan pembayaran secara cashless atau non tunai. Selain itu pihak hotel juga bisa menyediakan pelayanan khusus seperti mengantarkan makanan sampai depan kamar, memberikan layanan pembersihan kamar sesering mungkin atau bahkan pelayanan lain yang dapat memberikan kenyamanan terhadap pengunjung hotel. pelayanan ini melibatkan sumber daya manusia dalam pelaksanaannya. Sehingga pihak hotel juga perlu mengadakan pelatihan untuk memberikan sosialisasi kepada para karyawan hotel untuk mengikuti protokol kesehatan dalam menjalankan tugasnya. Alangkah lebih baik jika pihak hotel selalu mengadakan tes kesehatan bagi para karyawan hotel. Selain itu karyawan hotel harus mengikuti protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan faceshield, dan menggunakan sarung tangan atau alat pelindung diri lainnya. Pelayanan-pelayanan tersebut nantinya akan berdampak terhadap kepuasan konsumen dalam menggunakan jasa yang diberikan. Sehingga profitabiitas sebuah hotel akan meningkat. Selain profitabilitas yang meningkat para pemangku kepentingan dan investor merasa tenang jika ingin bekerja sama dengan hotel yang kita miliki.

Strategi Bisnis Abdurrahman bin Auf

3. Peningkatan Pemasaran

Strategi yang ketiga ini adalah hal yang paling penting dan perlu dilakukan oleh setiap industri perhotelan yaitu strategi pemasaran. Pemasaran menjadi hal yang penting karena tingkat keberhasilan industri hotel bisa dilihat melalui strategi ini. Pada saat kondisi pandemi saat ini pihak hotel dituntut harus bisa menarik minat konsumen untuk menginap di sebuah hotel. selain kebersihan dan pelayanan yang baik pihak juga memberikan promo-promo menarik sebagi upaya meningkatkan tingkat hunian. Pihak hotel bisa menggunakan strategi penurunan harga hotel, cashback, diskon dan voucher-voucher menarik seperti voucher makan, spa dan lain sebagaianya. Meskipun strategi ini cukup beresiko besar terhadap operasional hotel,tetapi langkah ini dilakukan agar pengunjung bisa menikmati layanan hotel tanpa mengeluarkan uang yang banyak. Agar promo promo yang dihadirkan tersebut dapat menjangkau konsumen perlu dihadirkan sebuah sistem pemasaran yang efektif. Jika dilihat dari kondisi yang ada sistem pemasaran digital adalah yang paling menjanjikan. Karena saat ini dengan adanya kebijakan berdiam diri dirumah membuat beberapa orang cenderung asik dengan smartphone yang dimilikinya. Apalagi didukung dengan adanya teknologi yang canggih saat ini membuat orang mudah mengakses hal apapun sehingga hak tersebut perlu dimanfaatkan oleh para pelaku industri perhotelan. Pihak hotel bisa melakukan pemasaran jasanya melalui media sosial, website, ataupun media elektronik lainnya. Dengan adanya pemasaran secara digital ini juga akan memudahkan pihak hotel dalam menjangkau konsumennya dan meminimalisir biaya operasional hotel.

Strategi Pemasaran Cafee Menghadapi Pandemi Covid-19

4. Menjalin Kerjasama Dengan Pemerintah

Bekerja sama dengan pemerintah baik pemerintah kota/ kabupaten bisa dijadikan sebuah strategi. Karena jika dilihat dari perkembangan Covid 19 yang tak kunjung usai dan semakin menipisnya daya tampung pasien covid 19. Bekerja sama dengan pemerintah juga tidak begitu buruk apabila dilakukan. Dengan adanya kerja sama dengan pemerintah ini juga secara tidak langsung membuat pihak hotel ikut menekan penyebaran virus corona khususnya di indonesia. Pihak hotel bisa mengubah kamar pengunjung menjadi tempat isolasi bagi pasien covid 19. Tetapi mereka harus tetap mematuhi protokol kesehatan. Terutama hal yang harus diperhatikan adalah keamanan para karyawan hotel yang bertugas. Karyawan hotel adalah hal yang penting karena karyawan hotel adalah aset penting untuk menunjang keberlangsungan sebuah hotel. Pihak hotel harus memberikan pelatihan atau instruksi khusus kepada karyawan hotel agar selalu menerapkan protokol kesehatan saat sedang bertugas. Seperti, selalu menggunakan APD (Alat pelindung diri) apabila bertemu dengan pasien terindikasi Covid 19. Selain itu jika hotel digunakan sebagai tempat isolasi hotel harus menyediakan tempat atau ruangan khusus bagi para penderita Covid 19 serta membuat aturan seperti tidak memperbolehkan sembarang orang masuk ke tempat tersebut.

Strategi Pemasaran Terbaik Melalui Instagram

5. Efisiensi Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia adalah hal yang perlu diperhatikan, seluruh strategi diatas membutuhkan sumber daya yang kompeten dan bekerja keras. Karena pada saat kondisi pandemi hotel dituntut untuk meminimalisir terjadinya kerumunan. Sehingga mau tidak mau mereka harus mengurangi kapasitas hotel. hal tersebut berdampak pada kurang efektifnya sumber daya manusia di beberapa sektor. Hotel diharapkan bisa memanfaatkan hal yang dimilikinya salah satunya adalah karyawan. Karyawan yang merupakan komponen penting dalam operasional hotel perlu dikaji tingkat efektivitas kinerjanya. Pengkajian efektivitas kinerja ini sebagai bentuk upaya pihak hotel dalam melihat perkembangan karyawannya. Namun hal yang perlu diperhatikan pihak hotel adalah biaya yang dikeluarkan untuk menggaji para karyawannya. Kondisi pandemi yang meruntuhkan minat pengunjung untuk menginap di hotel membuat pihak hotel berpikir ulang untuk menambah jumlah karyawan demi menyukseskan strategi mereka di masa pandemi. Banyak dari sebagian hotel melakukan strategi pengurangan jumlah karyawan demi berfokus pada penekanan biaya operasional dan meningktakan profitabilitas hotel. mereka cenderung melakukan pemutusan hubungan kerja atau mengistirahatkan sebagian karyawan dirasa masih kurang efektif dalam bekerja. Sebenarnya strategi ini cukup beresiko karena dengan berkurangnya jumlah karyawan bisa menyebabkan pelayanan tidak bisa maksimal. Namun upaya tersebut perlu dilakukan agar perusahaan bisa bertahan di masa pandemi dan lebih fokus terhadap pelayanan yang perlu dilakukan untuk menyesuaikan diri dengan kondisi pandemi yang sedang terjadi.

Strategi Pemasaran Sektor Properti Saat Pandemi

Berdasarkan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pandemi Covid 19 telah memberikan dampak yang cukup berarti terhadap sektor perhotelan. Pandemi covid 19 menyebabkan turunnya tingkat pengunjung hotel. karena adanya pembatasan mobilitas yang dilakukan oleh pemerintah. Turunnya pengunjung hotel ini justru berimbas pada tingkat investasi sebuah hotel. jika hotel minim pengunjung bukan tidak mungkin para investor akan kabur dan memilih berinvestasi di tempat lain. Sehingga diperlukan beberapa upaya untuk mengantisipasi masalah tersebut. Pertama, pihak hotel harus menguatkan jasa yang ditawarkan. Pihak hotel harus bisa memberikan kenyamanan dan kemamanan bagi pengunjung hotel. pihak hotel perlu menerapkan kebersihan tingkat tinggi serta menerapkan protokol kesehatan seperti disinfektasi ruangan penyediaan cuci tangan dan lain sebagianya. Hal tersebut dilakukan guna memberikan kepuasaan bagi para pengunjung hotel. Kedua, pihak hotel perlu memberikan pelayanan prima dan memuaskan serta berusaha menimilasir kontak langsung dengan konsumen. Pihak hotel bisa melakukan strategi pemesanan melalui online dan pembayaran tunai sebagai upaya untuk memberikan pelayanan kepada konsumen. Hal tersebut dilakukan sebagai langkah untuk mengantisipasi penyebaran virus corona. Pelayanan ini juga menyebabkan aset penting hotel yaitu karyawan sehingga hotel perlu melindungi karyawannya tetapi tetap memberikan pelayanan yang memuasakan kepada konsumen. Pihak hotel bisa mengadakan tes kesehatan kepada setiap karyawannya sebelum bertugas dan menghimbau untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Ketiga strategi pemasaran, pemasaran adalah hal yang penting untuk menentukan keuntungan sebuah hotel. pihak hotel perlu membuat promosi –promosi untuk meningkatkan kembali minat pengunjung hotel. pihak hotel bisa memberikan promo-promo menarik seperti diskon harga, cashback atau pemberian voucher voucher pelayanan. Dengan danya promo –promo tersebut diharapkan pengunjung hotel bisa meningkatkan. Selain promo yang menarik pihak hotel perlu menggunakan sisitem pemasaran efektif. Pihak hotel bisa menggunakan pemasaran digital. Alasan pemilihan sistem pemasaran ini karena pemasaran digital dianggap mampu menjangkau konsumen terkecil sekalipun. Selain itu sisitem pemasaran digital juga tidak memerlukan biaya yang cukup mahal.

hotel
Kredit Foto : Unsplash

Jika pemasaran digital belum mampu menaikkan profitabilitas hotel. pihak hotel bisa menggunakan strategi keempat yaitu bekerjasama dengan pemerintah. Strategi ini dinilai menjadi strategi terakhir jika beberapa strategi sebelumnya belum membuahkan hasil. Pihak hotel bisa bekerja sama dengan pemerintah untuk menyediakan tempat isolasi bagi pasien covid 19 tanpa gejala. Namun pihak hotel juga perlu mempertimbangkan aspek-aspek khusus seperti, menerapkan protokol kesehatan dan menyediakan rauangan atau kamar khusus. Strategi-strategi diatas pasti memerlukan sumber daya yang berkompeten dan bekerja keras. Sehingga strategi kelima ini juga bisa dianggap penting. Sumber daya manusia yang dimiliki hotel harus bisa konsisten dalam melakukan pelayanan ataupun pemasaran hotel. karena dengan adanya pembatasan kapasitas bukan tidak mungkin beberapa sumber daya akan terlihat kurang efektif. Tingkat keefektifan karyawan ini nantinya juga akan berdampak pada biaya operasional. sehingga beberpa hotel mungkin melakukan strategi pengurangan jumlah karyawan sebagai upaya untuk ,mempertahankan eksisitensi perusahaan. Strategi strategi tersebut memang tidak semua akan dilakukan oleh beberapa hotel tetapi strategi-strategi tersebut setidaknya bisa dijadikan salah satu cara agar usaha perhotelan dapat berjalan kembali seperti sedia kala dan menyesesuaikan diri dengan kondisi pandemi yang terjadi.

Author : Arsyad Ridho Khadafi

Comment here